Sabtu, 19 April 2008

“Analisis Usaha Pada Pengolahan Produk Gula Kacang” (Studi kasus di Desa Takeran Kec. Takeran Kab. Magetan)…(95)



Kacang tanah merupakan salah satu dari komoditi pertanian yang termasuk tanaman palawija. Kacang tanah memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan manusia atara lain sebagai salah satu komoditi pangan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi sehingga memiliki potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan. Sebagai salah satu dari tanaman palawija, kacang tanah amat potensial dalam pengembangan program Nasional peningkatan produksi kacang-kacangan, sebagai sumber protein nabati serta bahan penganekaragaman pangan penduduk. Kacang tanah dapat diolah menjadi berbagai produk olahan, yang salah satunya yaitu produk “gula kacang”. Pengolahan kacang tanah menjadi produk gula kacang mempunyai arti penting dalam menambah pendapatan keluarga dan memperbaiki ekonomi rumah tangga. Salah satu daerah yang terdapat usaha pengolahan produk gula kacang yaitu Desa Takeran Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan.
Tujuan dari peneltian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengolahan produk gula kacang, (2) untuk mengetahui masalah/kendala dalam usaha produk gula kacang, (3) untuk mengetahui biaya dan pendapatan usaha pengolahan produk gula kacang, (4) untuk mengetahui produksi dan harga impas pada usaha produk gula kacang, dan (5) untuk mengetahui besarnya efisiensi usaha pengolahan produk gula kacang. Dalam penelitian ini penentuan daerah dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa di desa Takeran Kec. Takeran Kab. Magetan terdapat usaha pengolahan produk gula kacang. Metode pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara secara langsung dengan bantuan kuesioner yang sudah disiapakan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait yang dapat menunjang kelengkapan data primer serta dari literatur atau pustaka. Penentuan responden dilakukan dengan metode sensus, yaitu dengan mengambil semua responden yang ada di daerah penelitian.
Dari hasil penelitian, bahwa proses pengolahan produk gula kacang adalah; memasukkan semua bahan kedalam kwali dengan air ± 1 liter kemudian direbus dalam waktu ± 30 menit. Setelah masak langsung dicetak dan ditiriskan, kemudian jadilah produk gula kacang dan langsung dilakukan pengemasan. Adapaun masalah yang dihadapai oleh pemilik usaha rata-rata yaitu masalah harga-harga bahan baku yang tidak stabil, masalah masih minimnya modal, serta masalah dalam hal pemasaran.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata biaya total yang dikeluarkan per satu kali proses produksi sebesar Rp 517.677, dimana terdiri dari biaya variabel dan biaya tetap. Biaya tetap dalam usaha produk gula kacang ini yaitu penyusutan alat sebesar Rp 2.513, sedangkan biaya variabel sebesar Rp 515.164 yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, pengemasan, transportasi, dan bahan bakar (kayu bakar). Rata-rata penerimaan (pendapatan kotor) per satu kali proses sebesar Rp 570.228, sedangkan pendapatan bersih sebesar Rp 52.551. Adapun untuk besarnya produksi impas yaitu 593 bungkus, sedangkan besarnya produksi rata-rata sebesar 653 bungkus yang berada di atas produksi impas. Sedangkan harga jual rata-rata sebesar Rp 900, dimana berada di atas harga impas yaitu Rp 817. Dari hasil analisis bahwa usaha pengolahan produk gula kacang di Desa Takeran menguntungkan. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai R/C ratio rata-rata > 1, yaitu sebesar 1,10%. Ini berarti bahwa setiap pengeluaran sebesar Rp 100, maka akan diperoleh pendapatan sebesar Rp 110. Dengan demikian maka usaha pengolahan produk gula kacang tersbut layak diusahakan dan sangat baik untuk dikembangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar