Selasa, 15 April 2008

Evaluasi pengembalian kredit usaha tani (KUT) tahun pengadaan 1998-1999 dari petani ke executing agent dilakukan di Kabupaten Kediri…(46)


Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui tingkat keberhasilan petani dalam pengembalian Kredit Usaha Tani, (KUT), Untuk mengetahui tingkat keberhasilan Kredit Usaha Tani (KUT) terhadap peningkatan pendapatan petani, dan Untuk mengetahui tingkat keberhasilan model penyaluran Kredit Usaha Tani (KUT) vang dilakukan oleh lembaga Executing.
Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan alasan Kecarnatan Plemahan merupakan Kecamatan yang paling besar di nilai dari -kredit yang tersalur, jumlah petani peserta serta, lembaga executing yang melayani sengaja (purposive). Pengambilan sampel responden dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) sebanyak 48 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul dianalisa Analisa diskriptif yaitu penggambaran karakteristik petani peserta KUT yang mengusahakan usahatani seperti yang dijelaskan dalam teknik pengumpulan data, R/C Ratio yaitu untuk mengetahui imbangan antara penerimaan dengan. biaya yang digunakan untuk usaha tani tanaman pangan serta BC Ratio yaitu untuk mengetahui Imbangan tambahan biaya akibat penggunaan kredit usaha tani dengan tambahan penerimaan akibat penggunaan Kredit Usaha Tani.
Dari hasil analisa disimpulkan bahwa keberhasilan petani dalam mengembalikan kredit usaha tani ke lembaga Executing Agen sebesar 36%, Keberhasilan petani dihitung dari analisis usaha tani masih dapat dilanjutkan dalam usaha taninya, dan tingkat keberhasilan model penyaluran kredit usaha tani dari executing agen ke petani sebesar 69,06 %
Hasil studi ini menyarankan, Untuk meningkatkan pendapatan petani, maka faktor-faktor eksternal yang terkait dengan modal perlu dipertimbangkan dalam pemberian kredit sesuai dengan kebutuhan, untuk keberhasilan petani dalam meningkatkan pendapatan usahanya maka perlu diadakan sosialisasi tentang perlunya tanggung jawab terhadap pengembalian kredit dan Bagi kreditor perlu ditinjau ulang tentang petani-petani yang memiliki kredibilitas tinggi dan petani yang serius dalam menangani usaha tani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar