Selasa, 15 April 2008

“Motivasi Petani Menabung Di Bank” (Studi Kasus Petani Penabung di BRI Unit Truko Cabang Kendal) ... (24)


Pendirian lembaga keuangan di pedesaan merupakan implementasi dari dikeluarkannya kebijakan perbankan yang dikenal dengan Pakto 27 tahun 1988 yang bertujuan dalam pengerahan dana masyarakat melalui pengadaan kemudahan pembukaan kantor cabang bank di berbagai daerah khususnya di pedesaan. Hal tersebut mendorong sebagian petani di pedesaan untuk meggunakan jasa perbankan dalam mengamankan sebagian uangnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui karakteristik petani yang menabung di BRI Unit Truko Cabang Kendal; (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor sosial ekonomi petani terhadap motivasi petani dalam menabung; (3) Untuk mengetahui bagaimana hubungan status sosial dan komoditas yang ditanam petani dengan motivasi petani dalam menabung; (4) Untuk mengetahui bagaimana hubungan bunga, hadiah dan pelayanan bank dengan motivasi petani dalam menabung.
Penelitian ini dilaksanakan di BRI Unit Truko Cabang Kendal. Data primer diperoleh dari responden petani yang melakukan transaksi penabungan/penarikan tabungan di bank. Metode sampling yang dilakukan adalah accidental sampling dengan mewawancarai nasabah petani yang ditemui di tempat penelitian sebanyak 40 orang. Data di analisis dengan analisa deskriptif, metode analisis regresi linear berganda dan analisis Chi Kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik petani yang menabung di bank sebagai berikut: (1) Memiliki pendapatan rata-rata kurang dari Rp. 2.000.000,-/musim; (2) Komoditas yang ditanam meliputi tembakau, bawang merah, padi, dan jagung; (3) Memiliki luas lahan rata-rata 0,26 – 1,25 Ha; (4) Memiliki pendidikan rata-rata SD; (5) Berusia rata-rata 44 – 54 tahun; (6) Memiliki jumlah tanggungan keluarga rata-rata lebih dari 5 jiwa; (7) Memiliki pengalaman usahatani rata-rata lebih dari 27 tahun; (8) Rata-rata merupakan warga biasa; (9) Rata-rata memiliki motivasi menabung sedang berkisar antara 41 – 60 %. Faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi motivasi menabung adalah pendapatan petani dan pendidikan petani, makin tinggi pendapatan dan pendidikan seorang petani semakin tinggi pula motivasinya untuk menabung. Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi menabung petani hanya pelayanan dari bank, bunga dan hadiah yang diberikan bank dan faktor sosial ekonomi status sosial dan komoditas yang ditanam tidak berhubungan dengan motivasi petani dalam menabung. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak bank terutama dalam segmentasi nasabah petani dalam usaha memasarkan produk perbankan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar