Selasa, 15 April 2008

Strategi Pengembangan Agribisnis Pindang Bandeng Pada Industri Skala Rumah Tangga Di Kota Yogyakarta ... (39)


Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu komoditas perikanan yang disukai konsumen. Hal ini disebabkan ikan bandeng mempunyai rasa yang khas. Akan tetapi adanya bau amis dan sifat produk yang cepat mengalami kemunduran mutu, menyebabkan kesukaan masyarakat terhadap ikan bandeng menjadi berkurang. Salah satu jenis pengolahan yang dapat menambah daya awet dan cita rasa ikan bandeng yang telah lama dan banyak diterapkan oleh masyarakat adalah pengolahan pindang bandeng, yaitu kombinasi antara perebusan dengan penggaraman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam pengembangan agribisnis pengolahan pindang bandeng pada industri skala rumah tangga di Kota Yogyakarta. Disamping itu untuk mengetahui dan memahami proses produksi pengolahan pindang bandeng secara tepat, serta mendapatkan strategi pemasaran yang menguntungkan dalam memasarkan pindang bandeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, teknik pengambilan sampel untuk penentuan lokasi penelitian dengan menggunakan metode total sampling, sedangkan pengambilan data dilakukan dengan teknik : observasi dan wawancara (intervieu). Data yang diperoleh dianalisa dengan metode diskriptif, yaitu analisa SWOT, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan dan ancaman pengembangan agribisnis pindang bandeng.
Berdasar hasil analisa SWOT, produk pindang bandeng berada pada kuadran I (0,65 : 1,15), maka strategi yang perlu dilaksanakan adalah strategi yang agresif / growth. Dengan demikian strategi pemasaran produk pindang bandeng yang perlu diterapkan adalah strategi yang agresif untuk memperluas pasar (ekspansi pemasaran) dengan melakukan bauran pemasaran terutama pengembangan produk dan promosi secara bersama-sama yang lebih gencar.
Agribisnis pengolahan pindang bandeng pada industri skala rumah tangga di Kota Yogyakarta dapat dikembangkan dengan jalan memperbaiki manajemen produksi dan manajemen pemasarannya. Kualitas pindang bandeng yang dihasilkan oleh perusahaan pindang bandeng di Kota Yogyakarta sudah mempunyai keunggulan bersaing, walaupun skala industrinya masih terbatas skala rumah tangga. Perbaikan dalam strategi pemasaran pindang bandeng akan dapat mempertahankan eksistensi perusahaan pindang bandeng di Kota Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar