Selasa, 20 Mei 2008

Analisis Pengaruh Fasilitas Perumahan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Malang ... (77)


Strategi yang dilakukan pengembang menengah atas salah satunya adalah dengan menawarkan fasilitas perumahan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kenyataan bahwa tidak semua fasilitas yang ditawarkan pengembang perumahan mampu untuk segera direalisasikan dan masih rendahnya garansi yang diberikan pengembang atas fasilitas yang mereka tawarkan tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh fasilitas perumahan berupa: fasilitas lingkungan, utilitas,fasilitas keamanan, fasilitas olahraga, fasilitas sosial, dan fasilitas ibadah terhadap kepuasan konsumen dan menganalisis variabel apa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap konsumen.
Metode yang digunakan adalah survei dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden dan jenis penelitian adalah explanatory research. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor, dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data dengan regresi linier berganda menunjukkan R2 = 0,3888 yang berarti bahwa variabel bebas yang terdiridari fasilitas keamanan lingkungan, fasilitas olahraga, fasilitas ibadah, fasilitas lingkungan, fasilitas sosial, dan utilitas, mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 38,8% sedang sisanya 61,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, variabel fasilitas keamanan lingkungan, fasilitas olahraga, fasilitas ibadah, fasilitas lingkungan, fasilitas sosial, dan utilitas secara simultan berpengaruh signifikandan positif terhadap kepuasan konsumen di Kota Malang; kedua, variabel fasilitas keamanan lingkungan, fasilitas olahraga, fasilitas lingkungan, dan fasilitas sosial, secara parsial berpengaruh signifikan, sedangkan variabel utilitas dan fasilitas ibadah secara parsial tidak berpengaruh signifikan, keenam variabel berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Kota Malang; ketiga, fasilitas keamanan lingkungan mempunyai pengaruh paling dominan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar