Minggu, 18 Mei 2008

Implementasi Program Pengembangan Kecamatan ( P P K ) Terhadap Masyarakat Di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan ... (39)


Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi PPK terhadap masyarakat di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor keberhasilan apa dalam implementasi PPK terhadap masyarakat di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.
Guna memperoleh gambaran yang aktual dan akurat, maka peneliti mengawali pelaksanaan penelitian pada bulan Juli 2004 dan diperkirakan selesai pada akhir Agustus 2004, dan lokasi penelitian di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi PPK ;(2) Untuk mengetahui faktor-faktor keberhasilan apa dalam implementasi PPK terhadap masyarakat di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan; (3) Untuk memberikan masukan terhadap konsekuensi kebijakan Pemerintah di masa yang akan datang.
Populasi penelitian ini adalah warga masyarakat Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan yang terdiri dari 22 orang (sampel kelompok) dan 48 orang (8 desa @ 6 orang). Sehingga jumlah sampelnya 70 orang.
Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat Kualitatif dan jenis penelitian ini menurut pendekatannya tergolong penelitian kebijakan (Policy Reseach), adapun untuk teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan Porposive Sampling dan Teknik Cluster Sampling sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Kualitatif.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisa data, maka temuan penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Bahwa implementasi Program Pengembangan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan secara umum sudah berjalan dengan baik; (2) Implementasi PPK terhadap masyarakat di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan berhasil dengan baik; (3) Temuan hasil penelitian menujukkan adanya faktor-faktor keberhasilan dalam implementasi PPK di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, yaitu faktor interpretasi, organisasi dan aplikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar