Selasa, 20 Mei 2008

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis Kabupaten Malang … (56)


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pengaruh variabel produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis Kabupaten Malang, 2) Untuk menganalisis manakah dari variabel produk, harga, distribusi dan promosi, berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pelanggan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis Kabupaten Malang
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode survei. Variabel bebas adalah Bauran pemasaran (X), yang meliputi : X1 : Produk, X2 : Harga, X3 : Distribusi, X4 : Promosi. Variabel terikat adalah Keputusan Berbelanja (Y). Sampel diambil dari Populasi dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Angket / Kuesioner, Wawancara dan observasi, Yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan model statistik dalam program komputer ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Ada hubungan yang nyata (significan) antara variabel produk, harga, distribusi, dan promosi dengan variabel keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis yang ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0.670 ; b) Variabel produk, harga, distribusi, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis yang dapat dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 19.358 dengan taraf signifikansi 0.0000.; c) Variabel produk, merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis yang dibuktikan dengan nilai t hitung = 5.442 dengan taraf signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar