Minggu, 18 Mei 2008

Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kab Probolinggo …(38)


Penelitian ini bertujuan untuk 1). menganalisis pengaruh secara simultan pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo; 2) menganalisis secara parsial pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo; 3) Untuk menganalisis variabel manakah yang berpengaruh secara dominan antara variabel kepemimpinan dan motivasi kerja, terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatoris (explanatory research) yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas adalah Kepemimpinan (X1), dan Motivasi Kerja (X2), dan variabel terikat adalah Disiplin Kerja Pegawai (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Kuesioner, wawancara, dan observasi, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Secara simultan, kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo. Hal ini dapat dikatakan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja yang dijalankan dengan baik dapat meningkatkan disiplin kerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo; b) Secara parsial, variabel kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo; c) Kepemimpinan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Probolinggo. Hal ini dapat dijelaskan bahwa, disiplin kerja pegawai akan selalu meningkat pada saat pimpinan lebih tegas dalam melaksanakan kepemimpinannya guna meningkatkan etos kerja yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar