Selasa, 20 Mei 2008

Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Departenen Agama Kabupaten Nganjuk ... (64)


Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk. 2) Untuk mengetahui apakah pengkoordinasian paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk.
Populasi adalah semua Pegawai Negeri Sipil yang ada di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk sebanyak 55 orang. Sedangkan yang digunakan sebagai sampel adalah 23 orang yang terdiri dari 1 orang Kasubag Tata Usaha, 4 orang Kepala Seksi, I orang PBUH, 3 orang Kepala Urusan, dan 14 orang Kepala Sub Seki.
Hipotesis yang diajukan adalah kepemimpinan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk dan diduga pengkoordinasian berpengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk.
Teknik analisa data untuk menguji hipotesis adalah uji regresi linier berganda dengan metode part analisis. Hasil analisis yang didapatkan : 1) Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk. Hal ini ditunjukkan dengan angka R ( Koefisien Determinasi ) rata - rata 0,814 yang berarti bahwa 81,4% prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk. Dipengarugi oleh faktor Kepemimpinan sedangkan sisanya 18,6% prestasi kerja tersebut dipengaruhi oleh faktor yng lain selain Kepemimpinan. 2) Pengkoordinasian paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk juga diterima. Hal ini disebabkan oleh indikator variabel kepemimpinan ( X4 atau pengkoordinasian) memiliki angka signifikansi paling kecil terhadap Y1, Y2, Y3, Y4, Y5 dan Y6 dibanding indikator lain dalam variabel kepemimpinan.
Kepemimpinan dan kondisi lingkungan kerja yang ada di Departemen Agama Kabupaten Nganjuk perlu tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar prestasi kerja para Pegawai Negeri Sipil dapat dipertahankan dan ditingkatkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar