Minggu, 18 Mei 2008

Strategi Recruitmen Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri Di Trenggalek … (25)


Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dan menganalisis strategi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.
Penelitian dimulai pada tanggal 1 Agustus 2005 sampai dengan 30 September 2005 dengan lokasi penelitian di Dinas Tenaga Kerja, Trans-migrasi dan Sosial Kabupaten Trenggalek.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menyajikan secara jelas pokok-pokok persoalan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan jalan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Metode Analisa Kualitatif dengan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan :
1. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri ada 2 (dua), yaitu faktor internal (Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial), pelaksanaan program recruitmen, produksi, SDM., dan faktor eksternal (ekonomi, politik, sosial budaya dan PJTKI).
2. Strategi recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri yang harus ditempuh adalah strategi Strength-Opportunities (SO) yaitu menggu-nakan kekuatan Dinas dan Perusahaan Jasa TKI untuk membuat peluang yang ada dengan jalan : a) penggunaan cara recruitmen yang baik, b) meningkatkan jumlah calon TKI ke luar negeri, c) meningkatkan mutu calon TKI ke luar negeri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar