Minggu, 18 Mei 2008

Pengaruh Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Terhadap Total Pinjaman Yang Diberikan Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur ... (50)


Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, sekaligus dijadikan sebagai populasi dan sampel penelitian. Variabel-variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri atas giro (X1), tabungan (X2), dan deposito berjangka (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah pinjaman yang diberikan (Y).
Tujuan penelitian ini : (1) untuk mengetahui penghimpunan dana pihak ketiga giro, tabungan dan deposito berjangka secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap pinjaman yang diberikan, (2) untuk mengetahui yang dominan berpengaruh terhadap pinjaman yang diberikan oleh PT. Bank Jatim.
Hipotesis sebagai berikut : (1) Diduga ada pengaruh yang signifikan antara jumlah dana yang dihimpun (giro, tabungan dan deposito berjangka ) secara serempak terhadap pinjaman yang diberikan oleh PT. Bank Jatim, (2). Diantara giro, tabungan, dan deposito berjangka yang dominan berpengaruh terhadap pinjaman yang diberikan adalah deposito.
Hasil analisis yang diperoleh : (1) Hipotesisi pertama yang diajukan dapat diterima, bahwa besarnya dana pihak ketiga dalam bentuk giro, tabungan dan deposito berjangka secara serempak mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap total pinjaman vang diberikan PT. Bank Jatim, yaitu sebesar F hitung = 54,504 dengan R2 = 96,50 (2) Hipotesisi kedua yang diajukan harus ditolak sebab yang paling dominan dalam penelitian ini adalah tabungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar